Mau Pipi Tampak Tirus? Coba Fat Buccal Removal Aja! Ini Prosedurnya

Posted on : April 11, 2022

Mau Pipi Tampak Tirus, Coba Fat Buccal Removal Aja

Mau Pipi Tampak Tirus? Coba Fat Buccal Removal Aja! Ini Prosedurnya  — Fat buccal removal merupakan cara alternatif untuk mengurangi lemak pipi yang berlebihan. Proses pembedahan hanya dapat dilakukan oleh dokter bedah berpengalaman yang bersertifikasi.  Pemindahan lemak bukal bertujuan untuk mendapatkan tampilan wajah ideal. Pasien yang menjalani prosedur ini, umumnya memiliki pipi tebal dan ingin terlihat lebih tirus. Salah satu keunggulan yang ditawarkan adalah minim efek samping pasca operasi dan hasilnya permanen. Sebelum membuat janji temu, yuk kita ulik lebih dalam. 

Apa itu fat buccal removal?

Memiliki pipi bulat sering dianggap menggemaskan, tetapi nyatanya tidak menurut semua orang. Wajah berlemak justru menimbulkan masalah self esteem yang rendah sehingga jadi kurang percaya diri. Oleh karena itu,kehadiran fat buccal removal menjadi salah satu solusi jitu menyelesaikan masalah penumpukan lemak pipi. 

Buccal fat removal adalah tindakan pembedahan yang dilakukan dengan mengangkat lemak atau bantalan bukal yang terletak di bagian pipi dan mulut. Sehingga, menghasilkan kontur wajah yang lebih nyata dan menarik.  Menurut Healthline, buccal fat pad berada di antara otot wajah, tepatnya di bagian bawah tulang pipi.  Ukurannya sangat bervariasi dan bantalan lemak bukal dimiliki oleh setiap orang sejak Ia lahir. Perbedaan ukuran dipengaruhi oleh genetik maupun penambahan berat badan. Walaupun masih asing di telinga, pembedahan ini pernah dilakukan oleh beberapa artis tanah air. Diantara banyaknya nama ada Melly Goeslaw dan Via Vallen. 

Prosedur fat buccal surgery

Secara keseluruhan prosedur pembedahan terbagi menjadi 3 yaitu pra-surgery, during surgery, dan pasca surgery. Ketiga tahap di atas dijalani pasien secara bertahap demi memudahkan proses pengangkatan dan memberikan hasil sesuai keinginan. Pra surgery dilakukan dengan berkonsultasi dengan ahli bedah plastik. Diskusi membahas goals treatment, riwayat operasi di masa lalu, konsumsi obat dan alkohol, serta alergi yang dimiliki. Selanjutnya, ahli bedah menentukan pendekatan untuk meminimalisir efek samping dan menentukan langkah pemulihan yang tepat untuk pasien. Wajah Anda juga akan dianalisis. Tahap during surgery dijalankan oleh dokter bedah plastik. Di dalamnya termasuk pemberian anestesi lokal untuk membuat pasien mati rasa, pemberian anestesi umum, memulai proses sayatan dan pemotongan lemak hingga penutupan luka bekas bedah. Terakhir adalah tahap pasca surgery merupakan tindakan yang bertujuan untuk mempercepat proses pemulihan. Meliputi pemberian obat pencegah infeksi sampai edukasi terkait langkah perawatan bekas sayatan yang tepat. 

Keunggulan operasi buccal fat removal

Hal paling menarik dari pengangkatan lemak bukal adalah bisa dilakukan di usia berapa saja. Jadi tidak ada batas minimal untuk mendapatkan kontur wajah impian. Namun, perlu dipastikan bahwa Anda tak terlalu muda untuk menjalani prosedur bedah. Ini karena di usia 20-an orang rentan mengalami penyusutan lemak secara alami. Dampaknya, wajah tampak lebih tua dari usia asli. Sebelum menjalani operasi, pasien wajib berkonsultasi dengan dokter bedah. Berikut keunggulan yang ditawarkan pasca menjalani bedah pemindahan lemak pipi. 

1. Proses pembedahan cepat

Termasuk treatment operasi plastik, durasi pembedahan fat buccal removal hanya dilakukan paling lambat 30 menit saja. Penghapusan lemak dilakukan di dalam mulut di kedua sisi. Walaupun during surgery terdiri dari beberapa tahap, tetapi pelaksanaannya terbilang cepat karena fat pad yang diambil hanya sebagian. Fungsinya untuk menjaga tampilan wajah tetap menarik dan tak terlalu tirus. 

2. Pipi tampak ramping

Bantalan lemak yang telah disingkirkan menyebabkan pipi terlihat lebih ramping. Bagi sebagian pasien tulang pipi dan rahang bahkan tercetak jelas sehingga menambah kesan estetika penampilan. 

3. Hasil surgery permanen

Banyak pilihan treatment untuk menyingkirkan lemak pipi. Namun, rata-rata prosedur bersifat sementara. Akibatnya, pasien harus menjalani treatment berulang kali untuk memaksimalkan hasilnya. Selain menghabiskan waktu pastinya akan menguras biaya. Nah, sebagai alternatif fat buccal removal bisa Anda pilih karena hasilnya bersifat permanen. Sekali melakukan removal, peluang lemak menumpuk lebih banyak akan berkurang. 

4. Wajah jadi lebih awet muda

Apabila Anda melakukan pembedahan di usia yang tepat, efeknya bisa jangka panjang. Dampak pengangkatan lemak yaitu memberikan tampilan wajah awet muda walaupun di usia matang. Namun, jika Anda terlalu muda mencoba removal maka yang terjadi adalah sebaliknya. Maka dari itu, pertimbangkan dengan saksama. 

5. Mampu meningkatkan rasa percaya diri 

Punya wajah yang tirus mampu meningkatkan rasa percaya diri. Jika dahulu pasien harus menutupi pipi bulat dan gemuk dengan helaian rambut, kini sudah tidak lagi. Anda pun makin cinta dengan diri sendiri. Sementara untuk kriteria pasien bedah lemak bukal, diantara orang dengan kondisi fisik fit, memiliki badan proporsional dan memiliki wajah tebal dan bulat. Sedangkan, golongan orang yang tidak disarankan menjalani removal yaitu jika memiliki fat pad wajah sempit dan berusia lebih dari 50 tahun. 

Pemulihan pasca pembedahan buccal fat

Pasien tidak akan dilepas begitu saja selepas operasi. Dokter bedah dan tenaga medis akan melaksanakan observasi untuk mencegah komplikasi tak terduga. Apabila selama satu hari, pasien dalam kondisi baik. Maka bisa menjalani pemulihan di rumah. Adapun hal yang harus dilakukan yaitu :

  • menghindari makanan bertekstur keras untuk menjaga jahitan tetap aman,
  • mengonsumsi obat pereda nyeri dari dokter,
  • mengurangi aktivitas yang memicu kerusakan bekas jahitan,
  • mengurangi makanan bersifat asam yang masuk, dan
  • tidur dalam posisi wajah lebih tinggi dari tubuh.

Efek samping buccal fat removal

Semua proses pembedahan medis memiliki efek samping. Pada fat buccal removal efek sampingnya berupa pembengkakan wajah, perdarahan, dan infeksi. Namun tenang, risiko di atas bisa diminimalisir apabila Anda memilih rumah sakit terpercaya dengan dokter berpengalaman. Umumnya setelah selesai operasi, pasien akan dipantau untuk melihat adakah komplikasi yang harus segera ditangani.

Di mana buccal fat removal Indonesia

Rumah sakit yang menawarkan bedah lemak bukal, di tanah air masih sedikit. Jadi, pasien mudah menentukan di mana mereka akan menjalani operasi penghilang bantalan pipi. Pertimbangan utama dalam memilih adalah perhatikan dokter yang menangani dan fasilitas yang diberikan rumah sakit. Kenyamanan dan keamanan harus menjadi prioritas utama. Di BIMC Nusa Dua Hospital tersedia layanan CosMedic Center yang fokus memberikan pelayanan dan treatment operasi plastik terbaik. Menetapkan standar perawatan tinggi, pasien dijamin mendapatkan kenyamanan saat pembedahan. CosMedic center telah memenuhi harapan banyak orang untuk mendapatkan perawatan kulit, ditangani oleh ahli bedah ternama dan tenaga medis terlatih. Protokol kesehatan yang diterapkan sangat ketat sehingga segala prosedurnya cukup aman dan legal. Selain itu, sterilisasi peralatan medis mengadopsi standar di Australia. Untuk harga buccal fat removal di sini mulai dari Rp120 jutaan. Kunjungi situs resmi BIMC Nusa Dua Bali untuk booking dan dapatkan informasi terbaru seputar kesehatan. Mengetahui tentang fat buccal removal sebelum menjalani operasi penting untuk meminimalisir efek samping dan mencapai goals yang diinginkan. 

Relate Article