Bimcnd Header Paliatif

Perawatan Paliatif

Perawatan paliatif adalah perawatan terpadu untuk penanganan pasien penderita penyakit pada stadium akhir yang sudah tidak bisa diobati lagi, sehingga lebih bertujuan meningkatkan kualitas hidup menjelang masa akhir dengan meringankan nyeri dan keluhan fisik lainnya, serta memberikan dukungan psiko-sosio-spiritual. Melalui perawatan ini, keluarga juga bisa memahami kondisi pasien dan penyakit yang diderita, serta dapat bersiap menghadapi segala sesuatu yang mungkin terjadi pada diri pasien.

Hadirnya perawatan paliatif ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya jumlah pasien dengan penyakit yang belum dapat disembuhkan baik pada anak dan orang dewasa, seperti penyakit kanker, penyakit degeneratif, stroke, parkinson, gagal jantung (heart failure), dan penyakit infeksi seperti HIV/AIDS. Selain itu perawatan paliatif juga dapat diberikan bagi pasien lansia dengan penyakit penyerta komorbid.

Pada stadium akhir, pasien tersebut umumnya akan mengalami permasalahan fisik seperti rasa nyeri, mual, muntal, atau lecet kulit karena terlalu banyak berbaring. Di samping itu muncul pula masalah psikis seperti, depresi, cemas dengan kondisi diri, gangguan tidur dan merasa tidak tenang. Semua masalah fisik dan psikis ini dapat memperburuk kondisi pasien, berujung pada rasa bersalah, merasa dihukum sehingga terkadang menimbulkan ketidakharmonisan keluarga.

Perawatan paliatif dilakukan dengan pendekatan perawatan yang menangani pasien secara keseluruhan (holistik), bukan hanya penyakitnya saja. Perawatan ini diharapkan dapat meminimalkan yang dialami oleh pasien akibat sakit yang diderita (baik fisik maupun psikis). Selain itu dapat mendukung pasien agar tidak merasa sendirian dan tenang menikmati sisa waktu yang ada bersama keluarga.
 
Terapi dan pendampingan pada pasien yang menjalani perawatan paliatif di BIMC Hospital Nusa Dua Bali, dilakukan oleh tim yang terdiri dari para profesional dan konsultan di bidangnya dengan pendekatan multidisiplin yang terintegrasi antara dokter spesialis onkologi, intervensi nyeri, psikiater, penyakit dalam, gizi klinis, rehabilitasi medis, dokter, perawat, rohaniawan dan pekerja social.
 
Seluruh aspek multidisiplin ini akan memberikan dukungan pengasuh, memfasilitasi komunikasi di antara anggota tim perawatan kesehatan, dan membantu diskusi yang berfokus pada tujuan perawatan untuk pasien

Terapi dan Pendampingan
pasien paliatif meliputi :

Terapi Fisik

Meliputi penanganan gejala yang dirasakan secara fisik, misalnya nyeri, kelelahan, kehilangan nafsu makan, mual, muntah, sesak napas, sulit menelan dan insomnia.

Terapi Rohani dan Emosional

Perawatan paliatif membantu pasien dan keluarga menghadapi emosi yang datang bersamaan ketika terdiagnosa penyakit berat dan selama menjalani perawatan.

Dari sisi penderita akan diberikan dukungan psikolog agar tidak putus asa, cemas dan sendirian menghadapi penyakit tersebut. Sedangkan untuk keluarga diberikan pendampingan psikologi sehingga merasa bersalah atas penyakit yang diderita anggota keluarga sehingga menjadi beban pikiran.

Pendekatan ini biasanya diakomodasi oleh psikolog serta rahoniawan yang dapat membantu pasien dan keluarga untuk merenungi keyakinan dan nilai spiritual sehingga menemukan rasa ketenangan atau penerimaan atas situasi yang dialami.

Team Klinik Paliatif BIMC Hospital Nusa Dua

dr. Putu Anda Tusta Adiputra, Sp.B(K)Onk.

Surgical Oncologist Consultant

dr. Monika Joy Reverger, Sp. KJ

Psychiatrist

dr. Cindy Henrietta Nasrani, Sp.An, FIPM

Anesthesiologist & Interventional Pain Management

dr. AA. Ayu Srikandhyawati Karang, Sp.RM

Spesialis Rehabilitasi Medis

dr. Ni Made Ari Kurnianingrum, Sp.PD

Spesialis Penyakit Dalam

dr. Agustinus I Wayan Harimawan, SpGK

Spesialis Gizi Klinis

Ns. Ni Made Sudiati. S,Kep

Senior Nurse Coordinator

dr. Ni Ketut Rai Purnami, Sp.PD

Spesialis Penyakit Dalam

Learn More About BIMC Palliative Service With Our Patient Team Leader

Insurances and TPAs

Perawatan Paliatif©2021 - BIMC Hospital Nusa Dua