Keloid Removal Solusi Jitu untuk Mengatasi Bekas Kulit Menonjol

Posted on : April 4, 2022

Keloid Removal Solusi Jitu Untuk Mengatasi Bekas Kulit Menonjol

Keloid Removal Solusi Jitu untuk Mengatasi Bekas Kulit Menonjol — Cara alternatif mengatasi bekas kulit menonjol yaitu melalui surgery atau keloid removal. Langkah ini sering dipilih karena mampu memberikan perubahan yang signifikan pada penampilan. Keloid yang muncul di lapisan kulit umumnya tidak berbahaya. Namun, cukup mengganggu penampilan terutama jika berada di telinga, bahu dan dada. Oleh sebab itu, orang dengan masalah keloid mencoba berbagai cara untuk menghilangkan kulit menonjol agar nyaman dan bisa kembali percaya diri. Penghapusan bagian menonjol hanya dapat dilakukan oleh dokter bedah plastik. Nah, apabila Anda tertarik, yuk kita ulik manfaat dan prosedur perawatannya di sini.  

Apa itu keloid dan penyebabnya

Keloid muncul karena adanya pertumbuhan kulit abnormal di atas bekas luka. Ukurannya bisa bervariasi, tetapi biasanya jauh lebih besar daripada ukuran luka itu sendiri. Penyebab utama keloid masih belum pasti. Namun, ada beberapa faktor pemicu seperti genetik dan mengalami luka bekas menjalani operasi. Risiko diperparah apabila

  • sedang mengandung,
  • berusia di bawah 30 tahun,
  • keturunan asia, dan
  • memiliki darah Afrika.

Melansir dari Healthline, jaringan fibrosa yang berperan untuk melindungi dan memperbaiki luka di kulit bisa tumbuh berlebihan. Hal inilah yang menyebabkan muncul benjolan bertekstur lembut sedikit mengeras. Gejala yang sering dirasakan penderitanya adalah timbul benjolan seperti daging, teksturnya lembut, tetapi bisa berubah jadi mengeras. Apabila tidak ditangani, benjolan bisa tumbuh ke bagian tubuh lainnya. Pada kondisi tertentu juga menyebabkan gatal dan iritasi. Solusi jitu menghapusnya dengan keloid removal

Prosedur keloid removal

Penghapusan keloid dengan operasi direkomendasikan jika ukurannya sudah membesar dan mengganggu fungsi kerja organ tubuh.  Contohnya, keloid seukuran biji salak yang ada di daun telinga berpotensi menutup indra pendengaran. Akibatnya, Anda akan mengalami kesulitan mendengar. Prosedur pertama yang harus dilalui adalah berkonsultasi dengan dokter ahli bedah untuk menentukan treatment tepat sesuai kondisi pasien. 

Konsultasi dengan dokter bedah plastik

Pasien wajib mengunjungi dokter bedah untuk berdiskusi mengenai kondisi tubuh. Tujuannya demi mendapatkan hasil maksimal dan meminimalisir efek samping pasca operasi. Pertanyaan yang diajukan meliputi riwayat operasi dan kondisi medis, bagaimana awal mula keloid muncul dan berapa lama, adakah alergi anestesi hingga sudahkah mencoba treatment penghilang benjolan lainnya. Apabila diperlukan diskusi bisa menjangkau kebiasaan sehari-hari. Misalnya, merokok sampai makanan jenis apa saja yang biasa dikonsumsi pasien. Selanjutnya, dokter akan menjabarkan langkah yang akan ditempuh. 

Proses pembedahan

Sampai pada proses operasi penghilang keloid. Setiap dokter bedah memiliki teknik tersendiri untuk menghilangkan benjolan. Secara garis besar seperti ini tahapannya

  1. Proses pembedahan diawali dengan melakukan anestesi sehingga pasien mati rasa.
  2. Berikutnya, bagian menonjol akan dipangkas lalu dijahit seperti semula. 
  3. Dokter akan memastikan lapisan kulit tetap tenang agar risiko keloid muncul kembali dapat dihindari.
  4. Seusai operasi selesai, pasien akan masuk ke tahap pemulihan.

Satu keunggulan dimiliki keloid removal adalah durasi pengangkatan benjolan hanya berlangsung paling lama 3 jam saja. 

Pemulihan 

Bagian pembedahan akan diobservasi selama 2 hari demi memastikan bekas sayatan tetap tertutup dan kering. Apabila ada indikasi pembengkakan maka dokter bisa langsung menangani. 

Kelebihan keloid removal

Penghapusan keloid merupakan langkah terakhir yang diambil demi menghilangkan benjolan yang mengganggu penampilan tubuh. Diantaranya pasien tertarik menjalani operasi karena treatment ini menawarkan sejumlah keunggulan, sebagai berikut. 

1. Proses operasi singkat

Sebagaimana diketahui, operasi penghapusan keloid hanya memakan waktu 1-2 jam saja. 

Sementara untuk observasi pertama dilakukan paling lama 2 hari di rumah sakit. Alhasil, pasien akan diuntungkan karena tak perlu menginap terlalu lama di fasilitas kesehatan. 

Biaya rawat inap jadi lebih hemat karena hanya butuh kamar sehari. Observasi efek samping bisa dilakukan hingga seminggu penuh. Namun, pasien bisa tetap bekerja dan beraktivitas seperti biasa. 

2. Minim rasa sakit

Segala proses operasi dijalani dengan memberikan pasien anestesi total. Jadi, selama proses Anda tak akan merasakan apapun. Bekas sayatan juga diminimalisir agar tidak melebar. Rasa sakit karena luka operasi pun bisa berkurang. 

3. Waktu pemulihan cepat

Durasi pemulihan pasca operasi bervariasi di setiap orang. Jahitan biasa dibuka apabila sudah memasuki 5-7 hari setelah bedah. Selanjutnya, dokter akan memberikan perawatan tambahan untuk meminimalkan risiko kambuh. 

4. Benjolan keloid langsung hilang 

Cara mengatasi keloid selain operasi memerlukan waktu lama untuk mengurangi ukuran benjolan hingga mengecil. Namun, dengan operasi ini benjolan langsung hilang dan tak akan kembali dalam waktu dekat. 

Rumah sakit terbaik dengan keloid removal

Memilih rumah sakit terbaik yang memberikan layanan removal bekas luka menonjol merupakan salah satu faktor penunjang keberhasilan. Demi mendapatkan hasil sesuai impian, pertimbangkan fasilitas dan tenaga medis yang dimiliki. BIMC Hospital menawarkan pengalaman operasi yang nyaman dengan ditangani ahli bedah profesional. Pasien diberikan anestesi lokal, umum, dan sedasi intravena selama operasi berjalan. Pusat CosMedic di BIMC menawarkan layanan Scar Revision. Keberhasilan dicapai sesuai tingkat keparahan dan ukuran keloid Anda. Biaya untuk sekali operasi ditaksir mulai dari Rp10,5 jutaan. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan booking langsung melalui tautan di sini. 

Prosedur keloid di Rumah Sakit BIMC Hospital Nusa Dua

Scar revision di BIMC Nusa Dua merupakan treatment cosmetic surgery untuk meminimalkan bekas luka, sehingga tampilannya tersamarkan menyerupai warna dan tekstur kulit di sekitarnya.  Prosedur dijalankan selama 2 jam dengan small scar revision. Pasien akan mendapatkan obat-obatan dan anestesi selama operasi berlangsung. Diantaranya anestesi lokal, sedasi intravena, dan anestesi umum. 

Penanganan sendiri dilakukan oleh dr. I Made Suka Adnyana, seorang ahli bedah estetik bersertifikat yang juga tergabung sebagai anggota International Society of Aesthetic Plastic Surgery (ISAPS). Suka merupakan ahli bedah terkemuka di Bali yang telah menangani banyak pasien domestik maupun luar domestik dan terkenal dengan hasil dan perhatiannya terhadap detail. Berkat keterampilan dan pengalaman yang dimiliki dr. Suka telah membantu pasien mendapatkan penampilan terbaik mereka. 

Menurut testimoni pasien, dr. Suka mendengar dan memahami masalah setiap pasien dan membantu menentukan treatment terbaik sesuai kebutuhan dan karakteristik wajah. 

Nah, selain menjalani treatment untuk memperbaiki penampilan, Anda juga bisa berlibur ketika berkunjung ke BIMC Nusa Dua Bali.

FAQ

Operasi keloid dilakukan oleh dokter apa?

Penghapusan benjolan bekas luka hanya boleh dilakukan oleh dokter bedah plastik atau spesialis kulit. Operasi keloid yang dilakukan secara ilegal bisa memicu benjolan yang lebih besar dan komplikasi. 

Berapa biaya keloid removal?

Biaya untuk sekali operasi penghapusan keloid dimulai dari Rp500-Rp15 juta rupiah. Biaya ini di luar konsultasi dan rawat inap. Namun, dengan budget Rp10 jutaan di BIMC Nusa Dua Bali, pasien akan ditangani oleh dokter spesialis berpengalaman di bidangnya. 

Apa itu keloid pada kulit?

Keloid adalah kulit menonjol yang berada di atas bekas luka akibat pembedahan, tindik, luka bakar dan jerawat. Ukuran benjolan bisa membesar seiring waktu dan bertekstur lembut maupun agak keras. 

Siapa yang boleh menjalani operasi penghapusan keloid? 

Operasi keloid diperuntukan bagi pasien dengan bekas luka menonjol parah dan tak kunjung mengecil setelah mencoba alternatif lainnya.

Keloid Removal Solusi Jitu untuk Mengatasi Bekas Kulit Menonjol — Cara alternatif mengatasi bekas kulit menonjol yaitu melalui surgery atau keloid removal.

Relate Article