Vaksin flu di musim pancaroba

Posted on : January 25, 2021

Vaksin Flu Di Musim Pancaroba

Vaksin flu di musim pancaroba — Vaksinasi disebut juga imunisasi adalah pemberian vaksin ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tersebut, vaksinasi memang tidak membuat orang 100% kebal dengan penyakit tertentu, namun dengan melakukan vaksinasi proses penyembuhan saat terkena penyakit akan berjalan lebih cepat. Untuk itu apakah vaksin dari penyakit flu/ vaksin flu harus dilakukan saat musim pancaroba ? berikut penjelasan pentingnya Vaksin flu di musim pancaroba.

Seberapa Pentingnya Vaksin Influenza ?

Kasus influenza dibeberapa negara mulai meningkat karena memasuki musim dingin atau pancaroba. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menanggapinya dengan merekomendasikan pemberian vaksin flu saat musim pancaroba. WHO Strategic Advisory Group of Expoerts (Sage) Menyarankan vaksin flu lebih banyak diberikan pada orang yang lebih beresiko, seperti tenaga medis, lansia, orang dengan penyakit bawaan, ibu hamis, dan anak-anak.

Tujuan dari pemberian vaksin flu pada musim pancaroba untuk meminimalisir terjadinya resiko infeksi ganda oleh flu dan wabah covid-19. Saat masuk musim pancaroba, bukan hanya flu tapi ada banyak sekali penyakit yang berdatangan seperti penyakit batuk, pilek, serta demam. Penyakit flu biasanya memiliki gejala umum seperti bersin-bersin, pilek, rasa panas pada tubuh yang tidak disertai dengan kenaikan suhu dan mengalami rasa kering pada tenggorokan saat menelan sesuatu. Penyakit flu adalah penyakit musiman yang menyerang semua orang di berbagai macam usia, tidak terkecuali pada bayi. Salah Satu langkah pencegahan penyakit flu agar tidak semakin parah adalah vaksin influenza.

Tipe Vaksin Influenza yang Mungkin Diberikan

Ada 2 jenis bentuk vaksin influenza yaitu bentuk cair dan semprot hidung. Vaksin influenza suntik (disuntikkan langsung ke dalam otot) mengandung virus yang telah dimatikan. Ada 2 jenis vaksin influenza  suntik yang direkomendasikan yaitu yaitu vaksin trivalent dan vaksin quadrivalent.

vaksin influenza trivalent meliputi:

  1. Dosis standar trivalent(IIV3) vaksin ini diberikan melalui prosedur suntikan. Untuk orang dewasa berusia 18 hingga 64 tahun bisa menggunakan jet injector
  2. Dosis tinggi trivalent khusus diperuntukan bagi orang yang berusia lebih dari 65 tahun.
  3. Suntikan trivalent kombinasi yang bebas telur disetujui untuk diberikan pada orang berusia 18 tahun ke atas.

vaksin influenza quadrivalent meliputi:

  1. Suntikan quadrivalent flu hanya bisa diberikan untuk orang dengan usia tertentu
  2. suntikan quadrivalent intradermal(yang disuntikan kedalam kulit menggunakan jarum yang lebih kecil) diperuntukan bagi orang yang berusia 18 hingga 64 tahun
  3. Suntikan quadrivalent mengandung virus yang tumbuh dalam kultur sel diperuntukkan bagi anak-anak berusia 4 tahun ke atas.

Untuk vaksin influenza semprot hidung, mengandung virus hidup yang lemahkan. vaksin ini diberikan pada orang sehat yang berusia 2 hingga 49 tahun. butuh sekitar 2 minggu untuk vaksin influenza bekerja membangun antibodi didalam tubuh.

Efek Samping Vaksin Influenza

Saat pemberian vaksin influenza dapat menimbulkan berbagai efek samping yang bisa timbul terkait pemberian vaksin influeza. Efek samping yang umumnya ditemui meliputi:

  1. Rasa sakit, kemerahan, dan bengkak di area yang disuntik
  2. Demam
  3. Mual
  4. Sulit bernapas
  5. Suara serak
  6. Bengkak di sekitar mata atau bibir
  7. Lelah, pusing, dan wajah pucat
  8. Jantung berdebar
  9. Perubahan perilaku
  10. Pingsan
  11. Hidung meler
  12. Sakit otot
  13. Muntah
  14. Sakit tenggorokan.

Jika anda mengalami salah satu dari reaksi tersebut segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan. Mencegah pengakit tidak hanya melalui vaksin saja, ada berbagai cara seperti mengurangi kontak dengan orang sakit, istirahat dirumah, mengkonsumsi makanan bergizi, dan minum yang cukup.

Vaksin flu di musim pancaroba — pentingnya vaksin influenza, tipe vaksin influenza, efek samping vaksin influenza

Relate Article