Dental Scaling di BIMC Nusa Dua Hospital

Posted on : July 11, 2022

Dental Scaling Di Bimc Nusa Dua Hospital

Dental Scaling di BIMC Nusa Dua Hospital — BIMC Nusa Dua Hospital menyediakan berbagai layanan termasuk dental scaling. Perawatan terhadap gigi sangat diperlukan mengingat betapa seringnya gigi digunakan untuk mengunyah makanan. Gigi yang sehat tentu sangat diidamkan oleh banyak orang termasuk Anda, bukan?

Apa itu Dental Scaling?

Dental scaling merupakan tahapan yang dilakukan oleh dokter gigi ahli untuk menyingkirkan karang maupun flek membandel pada gigi. Alat scaling gigi yang digunakan disebut dengan ultrasonic scaler. Karang pada gigi tentu membuat Anda tidak nyaman karena terasa mengganjal. Oleh karena itu Anda direkomendasikan untuk scaling gigi. Selain nyaman ketika mengunyah makanan, napas Anda juga akan lebih segar karena tidak ada makanan sisa di karang gigi.

Alat ultrasonic scaler akan menghasilkan getaran yang dapat merontokkan karang gigi bahkan ke celah terdalam gigi sekalipun. Karang gigi yang bersarang di bagian garis gusi pun dapat dijangkau sehingga gigi akan lebih bersih. Pasca perawatan scaling, biasanya gusi akan berdarah karena tidak menempel ke bagian gigi. Butuh waktu bagi gusi untuk kembali menempel pada gigi karena selama ini menempel pada karang gigi.

Waktu Tepat untuk Dental Scaling

Seperti yang diketahui bahwa karang gigi tidak mudah dibersihkan meskipun Anda rajin menggosok gigi dan menggunakan benang gigi. Pada dasarnya perawatan gigi dan mulut memang harus dilakukan secara rutin untuk memastikan gigi dan mulut dalam kondisi sehat.

Proses scaling gigi akan dilakukan oleh dokter profesional di mana karang gigi akan dihempaskan sekalipun cukup keras. Scaling sebaiknya dilakukan selama enam bulan sekali untuk merawat gigi dan mulut dan menghasilkan napas segar. Hal paling berat adalah ketika Anda memiliki masalah penyakit gusi yang membuat proses scaling harus segera dilakukan selama tiga bulan sekali.

Manfaat Dental Scaling

Ada banyak manfaat yang dapat Anda rasakan setelah melakukan perawatan scaling, antara lain:

  1. Scaling bermanfaat untuk menghindari risiko gigi berlubang dan kerusakan lainnya pada gigi. Gigi dan mulut adalah bagian sensitif terhadap makanan dan minuman apapun. Apalagi jika Anda suka mengonsumsi makanan dan minuman manis yang dapat mengakibatkan gigi berlubang lebih cepat.
  2. Scaling bermanfaat untuk menghindari loss of attachment dari penyakit periodontitis yang mengakibatkan gigi copot. Hal inilah yang membuat Anda harus segera melakukan perawatan scaling gigi.
  3. Scaling bermanfaat untuk menghilangkan noda atau bercak pada gigi yang berasal dari sisa makanan maupun minuman seperti teh, kopi atau rokok.
  4. Scaling bermanfaat untuk membuat napas menjadi lebih segar karena umumnya aroma tidak sedap berasal dari karang yang bersarang di gigi.
  5. Scaling bermanfaat untuk meminimalisir biaya perawatan gigi dan mulut di masa yang akan datang apalagi dilakukan secara rutin enam bulan sekali atau tiga bulan sekali.

Itulah manfaat yang dapat Anda rasakan setelah melakukan scaling gigi. Jadi, harga scaling gigi yang Anda bayarkan tidak sia-sia.

Persiapan Sebelum Dental Scaling

Apabila Anda ingin scaling gigi di BIMC Nusa Dua Hospital, maka dokter ahlinya akan menyarankan berbagai persiapan sebelum dental scaling. Dokter akan memeriksa kondisi gigi dan mulut terlebih dahulu agar proses scaling gigi berlangsung aman dan lancar. Nantinya dokter akan menanyakan tentang kondisi kesehatan gigi dan mulut serta kebiasaan Anda melakukan perawatan gigi.

Beritahu pula kepada dokter mengenai obat apa saja yang sedang Anda konsumsi termasuk suplemen, makanan, vitamin, obat resep atau tradisional. Pastikan pula jujur mengenai alergi yang Anda miliki, khususnya penyakit yang terkait dengan gangguan darah. Penjelasan secara lengkap mengenai riwayat penyakit Anda akan memudahkan dokter dalam menangani perawatan yang tepat.

Perawatan Setelah Dental Scaling

Perawatan setelah dental scaling dilakukan agar Anda dapat merasakan manfaat dental scaling lebih maksimal. Pasca perawatan scaling gigi, Anda akan diperbolehkan langsung pulang. Meskipun demikian Anda mungkin akan merasakan efek samping dari perawatan tersebut seperti gusi bengkak dan rasa tidak nyaman. Namun hal itu akan hilang seiring waktu.

Dokter biasanya akan menyarankan Anda untuk melakukan perawatan pasca scaling gigi seperti puasa makan dan minum minimal 1 jam setelah scaling. Selain itu dokter juga dapat meresepkan obat anti nyeri guna meringankan rasa sakit pada bagian gusi dan gigi. Tidak lupa pula Anda diberikan obat kumur dan antibiotik untuk mempercepat proses penyembuhan.

Dampak Tidak Melakukan Dental Scaling

Apabila Anda tidak melakukan scaling gigi maka dampak buruk yang mungkin dirasakan antara lain bau mulut akibat bakteri jahat. Selain itu karang yang menempel pada gigi juga dapat mengikis tulang penyangga gigi dan menimbulkan gigi goyang bahkan copot.

Karang yang lama tidak dibersihkan akan menimbulkan radang gusi seperti bengkak dan berdarah. Radang gusi yang juga tidak segera diobati akan berakibat pada terjadinya penyakit gusi. Penyakit gusi ini akan berdampak lebih parah terhadap gigi seperti tanggal atau lepas karena rusaknya jaringan penopang gusi.

BIMC Nusa Dua Hospital

BIMC Nusa Dua Hospital juga melayani pasien yang ingin melakukan dental scaling demi kesehatan gigi dan mulut. Dokter yang melayani para pasiennya juga sangat profesional sehingga pasien lebih nyaman. Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk mendapatkan perawatan yang tepat dari dokter ahlinya.

Kunjungi website resmi milik BIMC Nusa Dua Hospital di bimcbali.com untuk informasi lebih lengkap. Semoga penjelasan mengenai scaling gigi di atas juga dapat bermanfaat bagi Anda.

Relate Article