Penanganan Varises tanpa Operasi dengan EVLT

Posted on : September 14, 2022

Penanganan Varises Tanpa Operasi Dengan Evlt

Penanganan Varises tanpa Operasi dengan EVLT — Varises merupakan pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah vena yang disebabkan oleh adanya penumpukan darah dalam pembuluh darah vena tersebut. Jika penumpukan darah terjadi secara berlebihan, maka pembuluh vena akan tampak berwarna gelap, membengkak, dan menonjol. Pembengkakan pembuluh darah ini paling sering terjadi pada area tungkai kaki, terutama betis. 

Pada umumnya varises yang terjadi pada area tungkai lebih banyak dialami oleh wanita ketimbang pria. Penyebabnya beragam, mulai dari berkurangnya elastisitas pembuluh darah, kelebihan berat badan, terlalu sering berdiri dalam jangka waktu lama, sering menggunakan high heel, dan kehamilan.

Gejala varises dan kapan harus ke dokter BIMC Hospital Nusa Dua

Varises tidak hanya sekedar mengganggu masalah penampilan, tetapi bila dibiarkan dapat berkembang menjadi komplikasi borok yang lebih serius.

Umumnya pasien disarankan untuk segera berkonsultasi dengan spesialis bedah vascular apabila pembuluh darah vena di tungkai tampak menonjol dan kebiruan, terutama bila disertai dengan:

  • Rasa nyeri, panas, kesemutan dan berdenyut di bagian tungkai
  • Pembengkakan di area varises
  • Kulit di area varises tampak kering dan terasa gatal
  • Kram otot kaki, terutama di malam hari

Kondisi di atas dapat menandakan penyakit varises sudah berkembang secara serius yang harus segera ditangani.

Endovenous Laser Therapy (EVLT)

Prosedur Endovenous Laser Therapy (EVLT) merupakan metode penanganan varises dengan laser yang ditembakkan ke pembuluh darah yang mengalami penumpukan darah. Laser tersebut selanjutnya akan membantu melancarkan aliran darah dengan memecah penumpukan darah dalam pembuluh tersebut.

Sebelum melakukan terapi ini, dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang dengan USG untuk mendiagnosa kondisi pembuluh darah vena tersebut. Prosedur EVLT dilakukan dengan memberikan bius di bagian masuknya kateter dan ke seluruh area vena yang terpengaruh. 

Setelah obat bius bekerja, maka dokter membuat sayatan kecil  untuk memasukkan kateter ke dalam vena yang terkena varises, dimana laser akan menghantarkan panas disepanjan vena  untuk mengurangi penumpukan darah dalam pembuluh.

Kelebihan prosedur EVLT:

  • Mini rasa nyeri, karena pembuatan sayatan sangat minim
  • Resiko komplikasi lebih rendah dan bebas dari kerusakan jaringan
  • Proses penyembuhan relatif lebih baik dan cepat.
  • Tidak memerlukan proses rawat inap, dimana pasien bisa langsung pulang untuk beristirahat
  • Pada hari ke-2 dan ke-3, pasien bisa kembali melakukan aktivitas seperti biasa.

Penanganan varises dengan metode EVLT tersedia di BIMC Hospital Nusa Dua, yang ditangani oleh spesialis bedah toraks dan kardiovaskuler berpengalaman,   dr. I Komang Adhi Parama Harta, Sp. BTKV Subsp.JD(K). 

Untuk jadwal konsultasi dengan dr. Adhi, hubungi admin.nd@bimcbali.com.

Relate Article